Usia Bayi yang Aman Saat Diajak Mudik Menurut Kementerian Kesehatan
Usia Bayi yang Aman Saat Diajak Mudik Menurut Kementerian Kesehatan
Sabtu, 06 April 2024 10:47 WIB | 440 views

Perjalanan mudik, yang sering dilakukan menjelang Hari Raya Idul Fitri, menjadi momen yang dinanti-nanti setiap tahun. Namun, apakah aman membawa bayi untuk melakukan perjalanan jauh?

Mudik ke kampung halaman adalah momen spesial yang diinginkan setiap tahunnya, terutama ketika membawa bayi yang baru lahir bersama. Ada berbagai cara untuk melakukan perjalanan jauh saat mudik, mulai dari mobil pribadi, bus, hingga pesawat.


Namun, kenyamanan dan jarak tempuh perjalanan dapat bervariasi. Oleh karena itu, perlu pertimbangan khusus sebelum membawa bayi baru lahir untuk mudik atau melakukan perjalanan jauh.


Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), bayi yang masih berusia 0-28 hari termasuk kategori bayi baru lahir. Perawatan yang diberikan kepada bayi tersebut harus memperhatikan beberapa hal, termasuk saat akan melakukan perjalanan.


Berikut beberapa syarat yang disarankan oleh Kemenkes RI jika ingin membawa bayi mudik atau melakukan perjalanan jauh dilansir dari laman HaiBunda:

  1. Pastikan bayi dalam kondisi sehat. Selalu pakaikan bayi pakaian hangat untuk mencegah kedinginan.

  2. Jika menggunakan mobil, pastikan bayi duduk di car seat atau kursi khusus bayi.

  3. Jika melakukan perjalanan dengan pesawat, perhatikan usia bayi. Bayi sebaiknya baru bepergian dengan pesawat setelah berusia 2 bulan.

  4. Jangan bawa bayi mudik jika sedang mengalami infeksi telinga. Nyeri telinga saat pesawat lepas landas dan mendarat mungkin terjadi, tetapi biasanya bersifat sementara.


Selain syarat-syarat tersebut, ada beberapa tips aman yang perlu diperhatikan saat membawa bayi untuk melakukan perjalanan jauh:

  1. Perhatikan kebiasaan bayi sebelum berangkat. Amati jadwal tidur dan cara menenangkan bayi ketika rewel.

  2. Pastikan bayi tidak sedang sakit, terutama dalam kondisi flu berat, karena dapat membuatnya tidak nyaman selama perjalanan, terutama saat naik pesawat.

  3. Pastikan bayi telah mendapatkan vaksinasi yang sesuai dengan usianya untuk memberikan perlindungan ekstra selama perjalanan.


Semoga informasi ini bermanfaat bagi para orangtua yang berencana membawa bayi untuk melakukan perjalanan mudik.



(Foto/Gambar: Ilustrasi car seat bayi/Dok. rawpixel.com/Freepik)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan