Manfaat Minyak Telon untuk New Born dan New Mom
Manfaat Minyak Telon untuk New Born dan New Mom
Sabtu, 02 September 2023 12:02 WIB | 1.594 views
Minyak telon dikenal sebagai minyak angin atau minyak gosok. Di Indonesia minyak telon merupakan salah satu minyak herbal yang populer digunakan oleh banyak orang. Minyak telon biasanya terbuat dari campuran minyak nabati dan ekstrak herbal tertentu.

Umumnya, minyak telon digunakan untuk kebutuhan bayi yang baru lahir (new born) yakni untuk memberikan kehangatan pada kulit dan tubuh bayi. Akan tetapi, minyak telon juga dapat digunakan oleh ibu yang baru melahirkan (new mom).


Beberapa manfaat dari minyak telon yang dapat Anda temukan untuk bayi baru lahir dan ibu baru dilansir dari laman Kompasiana, antara lain sebagai berikut.

Manfaat untuk New Born
Minyak telon bermanfaat untuk memberikan sensasi hangat pada tubuh bayi. Berikut beberapa manfaat dari minyak telon untuk new born.
 
  • Mengurangi Kembung dan Masuk Angin
Minyak telon digunakan untuk menghindari kembung dan masuk angin pada bayi. Di usia yang masih sangat dini, bayi tidak boleh sembarang memberikan obat-obatan. Minyak telon adalah salah satu solusi kembung dan masuk angin pada bayi. Anda dapat menggosokkan secara lembut di perut bayi untuk membantu mengurangi kembung dan masuk angin.
 
  • Memberikan Rasa Hangat
Minyak telon memiliki kandungan minyak esensial yang memberikan sensasi hangat ketika dioleskan pada kulit bayi. Sensasi hangat ini dapat membuat bayi lebih nyaman dan tenang setelah dioleskan minyak telon.
 
  • Membantu Mengurangi Batuk dan Pilek
Minyak telon dipercaya dapat membantu membuka saluran pernapasan bayi yang tersumbat akibat batuk dan pilek ringan.
 
  • Meningkatkan Kualitas Tidur
Minyak telon dapat membantu menenangkan bayi dan membantu meningkatkan kualitas tidurnya. Sensasi hangat dan wangi dari minyak telon memberikan rasa nyaman di tubuh bayi, sehingga bayi lebih pulas saat tertidur.


Manfaat untuk New Mom
Jika minyak telon umumnya hanya digunakan oleh bayi, namun ada minyak telon yang memiliki manfaat untuk sang ibu yaitu meredakan nyeri otot, mengurangi rasa gatal pada kulit, dan merilekskan pikiran pasca melahirkan.
 
  • Meredakan Nyeri Otot dan Sendi
Minyak telon kadang-kadang digunakan oleh ibu yang baru melahirkan untuk mengurangi nyeri otot dan sendi akibat proses persalinan.
 
  • Mengurangi Rasa Gatal pada Kulit
Minyak telon memiliki kandungan argan yang bermanfaat untuk mengurangi rasa gatal dan kemerahan pada kulit. Selain ini Anda dapat mengoleskan minyak telon saat akan atau sedang beraktivitas di luar ruangan untuk menghindari gigitan nyamuk.
 
  • Relaksasi dan Perasaan Tenang
Aroma minyak telon dapat memberikan efek relaksasi dan menenangkan bagi ibu yang baru melahirkan, membantu mengurangi stres dan kecemasan.


Meskipun minyak telon umumnya dianggap aman untuk digunakan pada bayi dan ibu yang baru melahirkan, tetap ada kemungkinan reaksi alergi atau iritasi kulit pada individu tertentu.

Sebelum menggunakan minyak telon atau produk herbal lainnya, sangat penting untuk selalu berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis terkait, terutama ketika melibatkan bayi yang masih sangat sensitif.

(Foto/Images: Ilustrasi Minyak Telon/Watsons)


Berikan Komentar Via Facebook