7 Hal yang Mungkin Membuat Orang Tua Panik, tapi Sebenarnya Normal Terjadi Pada Bayi
7 Hal yang Mungkin Membuat Orang Tua Panik, tapi Sebenarnya Normal Terjadi Pada Bayi
Rabu, 27 Maret 2024 11:07 WIB | 181 views

Pernahkah Ibu merasa panik saat melihat sesuatu yang tidak biasa pada bayi? Mungkin Ibu langsung berpikir untuk membawa bayi ke rumah sakit atau berkonsultasi dengan dokter secara online. Namun, pada kenyataannya, setelah diperiksa, hal yang tampak menakutkan itu ternyata normal.

Ternyata, ada beberapa kondisi pada bayi yang sering dianggap sebagai masalah darurat, padahal sebenarnya hal tersebut normal terjadi. Beberapa kondisi ini termasuk di antaranya bayi berkedut, cegukan, hidung tersumbat, dan lain-lain.


Ahli Saraf Pediatrik di Rumah Sakit Anak di San Diego, California, Michael Zimbric, M.D., menjelaskan beberapa hal yang seringkali dianggap menakutkan pada bayi, namun sebenarnya adalah hal yang normal berdasarkan pengalamannya dengan pasien.

Berikut dilansir dari laman HaiBunda, rangkuman beberapa hal yang mungkin membuat orang tua panik, tapi sebenarnya normal terjadi pada bayi:

1. Bayi berkedut saat tidur
Meskipun tampak mengkhawatirkan, kedutan pada bayi saat tidur seringkali tidak berbahaya. Ini disebabkan oleh sistem saraf yang masih berkembang pada bayi.

2. Hidung tersumbat dan pernapasan tidak normal
Hidung tersumbat pada bayi bisa disebabkan oleh hormon estrogen dan umumnya mereda dalam beberapa bulan.

3. Benjolan di dada
Benjolan di dada bayi bisa disebabkan oleh perubahan hormon setelah lahir dan umumnya hilang dalam beberapa bulan.

4. Gumoh berdarah
Gumoh berdarah pada bayi biasanya tidak perlu dikhawatirkan dan bisa disebabkan oleh robekan kecil di kerongkongan.

5. Kulit berwarna oranye
Perubahan warna kulit menjadi oranye pada bayi bisa disebabkan oleh makanan kaya beta-karoten dan umumnya tidak berbahaya.

6. Pernapasan tidak menentu
Pernapasan yang terputus-putus pada bayi seringkali normal terjadi dan disebabkan oleh ukuran paru-paru yang lebih kecil.

7. Sembelit
Sembelit pada bayi baru lahir mungkin cukup mengejutkan tetapi bisa disebabkan oleh kurangnya koordinasi otot dalam buang air besar.


Meskipun hal-hal ini terkadang membuat orang tua panik, namun penting untuk diingat bahwa kebanyakan dari mereka adalah bagian dari perkembangan normal bayi dan tidak memerlukan tindakan medis.



(Foto/Gambar: Ilustrasi bayi baru lahir/Dok. jcomp/Freepik)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan