5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Bayi saat Liburan, Pastikan Vaksinnya Sudah Dilengkapi
5 Tips untuk Menjaga Kesehatan Bayi saat Liburan, Pastikan Vaksinnya Sudah Dilengkapi
Rabu, 27 Desember 2023 11:28 WIB | 863 views

Membawa bayi yang baru lahir saat liburan merupakan pengalaman yang menyenangkan namun juga memerlukan perhatian ekstra dari orang tua. Oleh karena itu, para ibu perlu memperhatikan beberapa tips agar bayi tetap sehat selama berlibur.

Penyakit pernapasan dan pilek seringkali menjadi ancaman kesehatan pada anak, terutama bayi yang masih baru lahir. Ini dikarenakan sistem kekebalan tubuh bayi masih dalam tahap perkembangan.

Dilansir dari laman HaiBunda, menurut Dr. Valentine Rae Esposito, M.D., seorang dokter di Rumah Sakit Anak Boston, bayi baru lahir memiliki risiko tinggi terkena komplikasi kesehatan dan penyakit serius seperti flu.


Berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk menjaga kesehatan bayi selama liburan:


1. Menjaga Jarak dengan Orang yang Sedang Sakit

Untuk melindungi bayi dari paparan virus atau bakteri, disarankan untuk menjauhkan mereka dari orang yang sedang sakit, termasuk anggota keluarga yang sedang mengalami gejala seperti demam, batuk, bersin, muntah, dan diare.


2. Melengkapi Vaksin Anak

Pastikan bayi telah mendapatkan vaksin sesuai dengan usianya sebelum berpergian. Vaksin hepatitis B dan polio umumnya diberikan pada bayi baru lahir. Sementara itu, bayi berusia 1 bulan dapat mendapatkan vaksin BCG, dan pada usia 2 bulan, mereka dapat menerima vaksin DTP, Hib, PCV, Rotavirus, dan polio dosis kedua.


3. Mencuci Tangan dengan Cerma

Mencuci tangan hingga siku saat berlibur dengan bayi baru lahir merupakan tindakan yang penting untuk mencegah penyebaran kuman. Disarankan agar ibu mencuci tangan dengan seksama, setara dengan praktik yang dilakukan oleh tenaga kesehatan.


4. Menggunakan Masker

Orang dewasa yang sedang sakit dan ingin menggendong bayi sebaiknya tetap menggunakan masker untuk melindungi bayi dari paparan virus. Meskipun tidak semua orang yang menggendong bayi harus mengenakan masker, ibu dapat merasa lebih nyaman jika bertemu dengan seseorang yang melakukannya.


5. Selalu Menyiapkan Pakaian Ganti

Ketika membawa bayi baru lahir bepergian, penting untuk selalu membawa pakaian ganti. Pergantian pakaian sebelum menggendong bayi dapat mencegah penyebaran kuman yang mungkin ada pada pakaian. Dr. Valentine menyarankan untuk membawa satu set pakaian baru karena bayi memiliki kontak yang sangat dekat dengan pakaian ibu.


Semoga tips-tips yang telah tersampaikan bermanfaat untuk para ibu yang hendak berlibur bersama Si Kecil!



(Foto/Gambar: Ilustrasi Bayi Berbaring dan Menunggu Pemeriksaan Kesehatan/Dok. Panupat Ratanawechtrakul/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan