4 Aktivitas Permainan Terbaik untuk Merangsang Perkembangan Bayi Baru Lahir
4 Aktivitas Permainan Terbaik untuk Merangsang Perkembangan Bayi Baru Lahir
Sabtu, 23 Desember 2023 11:21 WIB | 567 views

Menjalani kehidupan dengan bayi baru lahir tidak hanya sebatas pada menyusui dan kehadiran yang diam. Terdapat beberapa kegiatan terbaik yang dapat merangsang perkembangan bayi baru lahir.

Meskipun bayi yang baru lahir mungkin terlihat rentan, mereka sebenarnya sedang aktif belajar dan berkembang. Walaupun mereka belum dapat berbicara, namun kemampuan mereka untuk belajar dan berkembang dapat didukung melalui interaksi positif dan penuh kasih sayang.


Bermain menjadi salah satu metode terbaik untuk mendukung perkembangan bayi baru lahir. Berikut adalah 3 jenis aktivitas terbaik yang dapat merangsang perkembangan bayi baru lahir dilansir dari laman HaiBunda.


1. Bermain dengan Warna Merah, Putih, dan Hitam

Bayi baru lahir memiliki preferensi terhadap warna merah, putih, dan hitam. Orang tua dapat menggunakan mainan, buku, atau objek lain dengan warna-warna tersebut untuk menarik perhatian mereka. Menurut Dr. Matthew S. Cohen, seorang dokter anak bersertifikat, bayi baru lahir terstimulasi secara optimal oleh objek dan gambar dengan pola, dan titik fokus terbaik berada pada jarak 12 hingga 15 inci dari mata mereka.


2. Waktu Tengkurap (Tummy Time)

Menghabiskan waktu dalam posisi tengkurap membantu bayi mengembangkan otot leher dan punggung. Orang tua dapat menempatkan bayi di atas pangkuan, handuk lembut, atau alas bermain yang empuk. Erika Greenblatt-Torres, seorang pengajar veteran selama 19 tahun, menyarankan bahwa interaksi yang mendorong kontak mata, refleksi wajah, atau interaksi verbal dengan pengasuh, serta waktu tengkurap, adalah hal yang baik.


3. Merangsang Indra Bayi

Bayi belajar melalui indra mereka. Orang tua dapat merangsang penglihatan bayi dengan menunjukkan mainan atau gambar berwarna-warni, dan merangsang pendengaran mereka melalui percakapan, nyanyian, atau pemutaran musik.


Selain itu, terdapat beberapa tips yang dapat diikuti saat bermain dengan bayi baru lahir:

1. Jangan Berharap Terlalu Banyak

Bayi yang baru lahir mungkin tidak akan terlalu tertarik pada aktivitas bermain untuk waktu yang lama. Biarkan mereka mengikuti ritme dan minat mereka sendiri.


2. Bermain, Tertawa, dan Ulangi

Bayi senang tertawa. Orang tua dapat membuat mereka tertawa dengan berbagai cara, seperti membuat wajah lucu, menggelitik, atau bermain "cilukba" (main-main bersama). Nikmati waktu berkualitas bersama bayi.


3. Semakin Sederhana, Semakin Baik

Bayi tidak memerlukan mainan atau peralatan rumit untuk bersenang-senang. Bermainlah secara sederhana, seperti bernyanyi, berbicara, atau menyentuh mereka.


Berinteraksi dengan bayi baru lahir adalah cara efektif untuk memperkuat ikatan antara orang tua dan anak serta mendukung perkembangan bayi dengan baik. Sisihkan waktu setiap hari untuk berinteraksi dengan bayi, dan Anda akan menyaksikan betapa menyenangkannya pengalaman tersebut.



(Foto/Gambar: Anak Bermain Dengan Kubus Kayu Dengan Angka Dan Batu Bata Mainan Berwarnawarni/Dok. goodmoments/iStock)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan