13 Cara untuk Bantu Mempercepat Proses Kehamilan Setelah Menikah
13 Cara untuk Bantu Mempercepat Proses Kehamilan Setelah Menikah
Rabu, 21 Februari 2024 10:09 WIB | 535 views

Tak jarang pasangan yang baru menikah berharap untuk segera hamil, namun proses tersebut tidak selalu berjalan dengan mudah. Meskipun berhubungan intim secara teratur merupakan langkah awal yang penting, namun hal itu saja belum cukup untuk memastikan keberhasilan.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peluang hamil, pasangan perlu mempertimbangkan berbagai cara yang dapat membantu. Berikut dilansir dari laman Halodoc, beberapa cara yang dapat dicoba untuk mempercepat proses kehamilan:


1. Mengurangi Konsumsi Kafein Selama Program Kehamilan

Penelitian telah menunjukkan bahwa kafein dapat memiliki dampak negatif terhadap kesuburan. Oleh karena itu, disarankan untuk membatasi konsumsi kafein hanya 1-2 cangkir per hari.


2. Melakukan Olahraga Bersama

Olahraga rutin dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesuburan. Namun, penting untuk tidak berlebihan dalam berolahraga, karena hal tersebut dapat mengganggu proses ovulasi.


3. Mengelola Stres dengan Baik

Stres dapat memengaruhi kemampuan tubuh untuk hamil, oleh karena itu penting untuk mengelolanya dengan baik. Penelitian telah menunjukkan bahwa gangguan kejiwaan dan tingkat stres yang tinggi dapat berdampak negatif terhadap proses kehamilan.


4. Mengonsumsi Asam Folat

Asam folat memiliki peran penting dalam kesuburan dan dapat membantu mencegah cacat lahir serta meningkatkan kemungkinan kehamilan.


5. Memilih Makanan Tinggi Antioksidan

Antioksidan dapat meningkatkan kesuburan baik pada pria maupun wanita dengan menetralkan radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel sperma dan sel telur.


6. Melacak Masa Subur

Mengetahui kapan masa subur terjadi dapat membantu meningkatkan peluang hamil. Berhubungan intim pada waktu yang tepat selama masa subur dapat meningkatkan kemungkinan pembuahan.


7. Berhubungan Intim Secara Rutin

Berhubungan intim secara teratur dalam periode pertama pernikahan dapat menjadi strategi yang efektif untuk mempercepat proses kehamilan.


8. Memperhatikan Suhu Tubuh

Menghindari paparan suhu yang terlalu panas pada testis dapat membantu menjaga kualitas sperma.


9. Menghentikan Kebiasaan Tidak Sehat

Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol dapat meningkatkan kesuburan dan membantu proses kehamilan.


10. Meluangkan Waktu Romantis Berdua

Membuat waktu untuk bersantai dan meningkatkan mood dapat memiliki dampak positif terhadap kesuburan.


11. Melakukan Skrining Kesehatan Berkala

Melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dapat membantu mendeteksi masalah kesehatan yang dapat memengaruhi kesuburan.


12. Memahami Faktor Genetik

Memahami riwayat keluarga terkait kesuburan dapat membantu dalam mengetahui potensi masalah yang mungkin timbul.


13. Menjaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan yang sehat dapat memiliki dampak positif terhadap kesuburan baik pada pria maupun wanita.


Dengan mempertimbangkan dan mengimplementasikan berbagai metode ini, pasangan dapat meningkatkan peluang mereka untuk hamil. Tetapi, jika mengalami kesulitan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mendapatkan saran lebih lanjut.



(Foto/Gambar: Ilustrasi test pack kehamilan dan foto rontgen USG/Dok. omyos/iStockphoto)



Berikan Komentar Via Facebook
Blog Pilihan